Halo! Selamat datang di artikel jurnal ini yang akan membahas tentang cara sholat dhuha 4 rakaat. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Melakukan sholat dhuha dapat menjadi ibadah yang bermanfaat bagi umat Muslim. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melaksanakan sholat dhuha 4 rakaat dengan benar. Yuk, simak selengkapnya!

1. Persiapan Sebelum Melaksanakan Sholat Dhuha

Sebelum memulai sholat dhuha, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah persiapan yang dapat Anda lakukan:

Mempersiapkan Tempat Ibadah yang Tenang

Carilah tempat ibadah yang tenang dan sunyi dari gangguan agar Anda dapat khusyuk dalam melaksanakan sholat dhuha. Pilihlah tempat yang bersih dan terbebas dari bau yang mengganggu konsentrasi.

Mengenakan Pakaian yang Bersih

Persiapkan pakaian yang bersih dan rapi untuk sholat dhuha. Pilihlah pakaian yang menutupi aurat dengan baik dan nyaman saat digunakan. Usahakan untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu mencolok agar tidak mengganggu ketenangan dalam beribadah.

Berwudhu dengan Sungguh-sungguh

Sebelum memulai sholat dhuha, lakukanlah wudhu dengan sungguh-sungguh. Pastikan seluruh anggota tubuh, seperti wajah, tangan, dan kaki, telah terbasahi dengan air yang suci. Jangan lupa membersihkan mulut dan hidung dengan menggunakan air sebagai bagian dari wudhu.

Membaca Niat dalam Hati

Setelah berwudhu, mulailah dengan membaca niat dalam hati untuk melaksanakan sholat dhuha 4 rakaat karena Allah SWT semata. Niat ini haruslah ikhlas dan tulus dari dalam hati tanpa perlu diucapkan dengan lisan.

Membaca Doa Sebelum Memulai Sholat Dhuha

Sebelum Anda memulai sholat dhuha, bacalah doa sunnah sebelum memulai sholat. Doa ini dapat membantu Anda untuk memperoleh ridha dan keberkahan dalam melaksanakan ibadah. Berikut ini adalah contoh doa yang bisa Anda baca sebelum memulai sholat dhuha:

No Doa Sebelum Sholat Dhuha
1 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
2 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَىٰ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ
3 اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
4 اللَّهُمَّ اجْعَلْ صَلاَتِي مَقْبُولَةً عِنْدَكَ
5 اللَّهُمَّ وَتَقَبَّلْ تَوبَتِي وَحَسِّنْ حَالِي

2. Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha

Setelah melakukan persiapan, berikut ini adalah tata cara pelaksanaan sholat dhuha 4 rakaat yang dapat Anda ikuti:

Takbiratul Ihram

Setelah berdiri menghadap kiblat, angkatlah kedua tangan sejajar dengan bahu sambil membaca takbiratul ihram, yaitu mengucapkan “Allahu Akbar” dengan suara yang jelas.

Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, bacalah doa iftitah dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu. Berikut ini adalah contoh doa iftitah:

No Doa Iftitah
1 سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَىٰ جَدُّكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ

Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek

Setelah membaca doa iftitah, bacalah surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya sesuai dengan urutan yang Anda inginkan. Anda juga dapat membaca surat Al-Qur’an yang dihafal dalam rakaat pertama dan kedua, serta surat di rakaat ketiga dan keempat.

Langkah Rukuk

Setelah selesai membaca surat, rukuklah dengan meletakkan telapak tangan di atas lutut sambil membungkukkan badan. Posisi punggung harus tetap lurus dan sejajar dengan tanah. Bacalah doa rukuk, seperti “Subhanallah Rabbiyal ‘Azim”.

Langkah I’tidal

Setelah itu, berdirilah tegak dari rukuk sembari membaca “Sami’Allahu liman hamidah” dengan lisan yang jelas. Kemudian, bacalah doa i’tidal, yaitu “Rabbana walakal hamd”.

Langkah Sujud

Setelah i’tidal, sujudlah dengan meletakkan dahi, telapak tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Bacalah doa sujud, seperti “Subhanallah Rabbiyal A’la”. Lakukan sujud sebanyak dua kali.

Langkah Duduk Antara Dua Sujud

Setelah dua sujud, duduklah sebentar dengan posisi kaki yang ditekuk di bawah tubuh. Bacalah doa duduk di antara dua sujud, seperti “Rabbighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, wa ‘aafinii, warzuqnii, wahdini, wa ‘afinii”.

Langkah Sujud Kedua

Kemudian, sujudlah lagi dengan meletakkan dahi, telapak tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Bacalah doa sujud yang sama seperti sebelumnya, yaitu “Subhanallah Rabbiyal A’la”.

Langkah Tasyahud Akhir

Setelah sujud kedua, duduklah dengan posisi kaki yang ditekuk di bawah tubuh. Bacalah tasyahud akhir dengan mengucapkan “At-Tahiyyatu lillahi…” sampai akhir. Jika ingin sholat sunnah lebih dari 4 rakaat, lanjutkan dengan rakaat berikutnya.

Taslim

Terakhir, buatlah tanda salam dengan cara menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri sambil mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullah” sebagai tanda akhir dari sholat dhuha yang Anda lakukan.

3. FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai sholat dhuha:

Q: Berapa jumlah rakaat sholat dhuha yang sebaiknya dilakukan?

A: Sholat dhuha sebaiknya dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Q: Kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat dhuha?

A: Sholat dhuha dilakukan setelah terbitnya matahari sekitar 15 hingga 20 menit.

Q: Apakah sholat dhuha memiliki keutamaan?

A: Ya, sholat dhuha memiliki banyak keutamaan. Diantaranya, dapat meningkatkan pahala ibadah, membuka pintu rezeki, dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Q: Apakah sholat dhuha wajib dilakukan?

A: Sholat dhuha termasuk dalam kategori sholat sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat ditekankan untuk dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Q: Bagaimana jika saya tidak bisa melaksanakan sholat dhuha 4 rakaat?

A: Jika Anda tidak bisa melaksanakan sholat dhuha 4 rakaat secara langsung, Anda dapat memulainya dengan jumlah rakaat yang lebih sedikit dan secara bertahap meningkatkan jumlahnya hingga mencapai 4 rakaat.

Sekian artikel jurnal tentang cara sholat dhuha 4 rakaat. Semoga informasi yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda dalam melaksanakan sholat dhuha dengan benar. Selamat beribadah!

Sumber :

Explore More

resep tape ketan putih enak dan mudah dibuat : PanduanIbu

Februari 16, 2023 0 Comments 0 tags

Daerah Jawa memang terkenal dengan beragam makanan yang khas, terutama jajananan tradisional seperti tape ketan. Yup, tape ketan merupakan kudapan yang di hasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkabohidrat sebagai

Ada beberapa kerangka waktu. : Mp3Juice.co.id

Februari 14, 2023 0 Comments 0 tags

Jus download dalam format MP3 bernyanyi Pertanyaan selalu muncul karena alasan yang begitu jelas bagi konsumen. Bentuk apa yang disediakan platform digital ini, mirip dengan genre musik apa pun? Informasi

Aplikasi Penghasil Uang yang Menawarkan Penghasilan dengan Berjualan Jasa Menulis. : Kopitekno

Februari 19, 2023 0 Comments 0 tags

Saat ini, banyak individu ingin menambah penghasilan reguler mereka dengan melakukan pertunjukan sampingan. Aplikasi yang membantu Anda menghasilkan uang adalah pilihan umum. Ada banyak aplikasi di luar sana yang menjanjikan